Say No To Inhalant Abuse

Tadinya tulisan ini mau dimuat dmajalah SAKSI-suplemen anak SMA, tp SAKSI-nya keburu bubar :D


Say NO To Inhalant Abuse

Entah gimana mulanya, tiba-tiba aja Indonesia kita udah jadi Negara sebagai jalur perdagangan dan penyeludupan narkoba.

You know man, ternyata Jakarta dan Depasar menjadi jalur perdagangan, distribusi dan penyeludupan heroin/putaw, shabu, ekstacy dan kokain di DUNIA.
Menyedihkan ga seeh…?!

Seperti yang kita tau, sekarang ini banyak artis-artis dan idola kita yang pada make narkoba. Yaah maklum aja bro, mereka pada kelebihan duit kali, jadi duit yang nganggur itu dipake buat beli putaw, ekstacy dan barang-barang haram lainnya yang harganya mahal buanget.
Tapi jangan salah man, ga semua narkoba harganya mahal. (Lha emang ada yang murah?!).
Ada, namanya inhalan.

Inhalan itu senyawa organik berupa gas dan pelarut yang mudah menguap. Inhalan terdapat pada berbagai barang keperluan rumah tangga, kantor, cat dan pelumas mesin. Tapi kebanyakan produk-produk inhalan ini dengan mudah ditemukan di rumah kita. Orang ga berpikiran kalau lem, pembersih cat kuku, hair spray dan cairan pembersih mempunyai resiko dalam penyalahgunaan karena dalam penggunaannya sama sekali nggak bermaksud untuk itu.

Saking murahnya nih, banyak temen-temen kita yang masih SMP, SMU ataupun temen-temen kita yang di jalanan atawa anjal alias anak jalanan yang make inhalan. Inhalan yang paling banyak dipake yaitu lem aica aibon dan mereka biasa menyebutnya ngelem.

Kalau kita pake lem aica aibon buat ngelem sepatu, meja dan lain-lain mah ga jadi masalah, tapi kalo dihirup uapnya dalam-dalam dan berkali-kali itu namanya penyalahgunaan alias Inhalant Abuse.

Inhalan termasuk golongan zat adiktif, nggak masuk dalam golongan psikotropika, tapi walaupun begitu inhalan bahaya banget buat tubuh kita.
You know dude berapa harga lem aica aibon ?
Cuma 3500 perak yang kaleng kecil !

Kebayang dong temen-temen kita anak SMP or anak-anak SMU ataupun anak-anak jalanan pasti bisa or mampu buat beli lem ini dan lebih milih ngelem dari pada narkoba lain, bahkan awalnya ngelem ini dipake sebagai penganti atau substitusi dari alkohol yang notabene mahal dan agak ribet buat dapetinnya.

Ngelem juga banyak diminatin coz selain murah, ngelem ga punya aturan-aturan yang mengatur penjualan, pembelian, kepemilikan, gampang didapetin dan gampang juga cara makenya, langsung tanpa bantuan alat, udah gitu efeknya cepet muncul.

Cara ngelem emang gampang banget bro, tinggal dihirup uapnya melalui hidung (sniffing) atau dituang di atas kain trus uapnya dihirup (huffing) atau dituang dalam kantong plastik trus dihirup (bagging).

Tapi efek sampingnya bikin bulu kuduk kita merinding man !
Ngelem tuh bisa merusak hati, ginjal, sumsum tulang belakang, paru-paru, jantung dan bahkan otak! Ngeri ga seeh…?!

Efek ngelem biasanya ditandain sama euphoria, fly, iritasi mata, ngeliat sesuatu seolah-olah jadi ganda atawa disebut double vision, mual, muntah, diare, lemes, halusinasi, ilusi, waham, mudah tersinggung dan bahkan bias menurunkan kemampuan kognitif alias berpikir kita.
Pokoke banyak ruginya deh kalo kita ngelem tuh !

Satu lagi yang bikin syerem, ngelem juga bisa bikin kematian mendadak or bahasa kerennya Sundden Sniffing Death coz irama jantung kita jadi terhambat atau karna Laringospasmus alias otot jalan nafas mengejang akibat kelebihan dosis, bekunya jalan napas akibat penguapan inhalan yang terlalu cepat, atau akibat kekurangan zat asam karena kantong plastik yang dipakai untuk menghirup mengempis menutupi mulut dan hidung, sementara pengguna dalam keadaan tidak sadar.

Trus kematian juga bisa disebabkan oleh kecelakaan akibat adanya ilusi, halusinasi atawa waham. Seperti kalo ngeliat ular maka dilihat seolah-olah sebagai tali sehingga dipatok ular beracun, atawa melihat seolah-olah ada jembatan padahal nggak ada, akibatnya jatuh ke sungai ataupun yakin bisa terbang sehingga jatuh dari balkon gedung bertingkat.

Wah pokoke ngelem tuh buanyak buanget ga enaknya dari pada enaknya brur…!
Kalo mo tau fren, sebenernya penggunaan zat pelarut yang mudah menguap dalam bentuk inhaler sudah ada sejak zaman kuno. Kemudian penggunaan inhalan ini meluas pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Bahkan dulu ada yang namanya recreational inhaler pada tahun 1930-an, zat yang dipakai namanya Amil Nitrit, sedangkan "gas ketawa" atau NO (nitrogen oksidul) sudah lebih dulu digunakan untuk bersenang-senang pada akhir tahun 1880-an.

Friend, masa remaja yang sedang kita alami ini merupakan masa dimana kita mulai ngerasa pengen tau dan pengen coba apapun, termasuk narkoba dan zat adiktif. Tapi apa kita rela kalo tubuh kita jadi ancur, trus kita ga bisa main basket lagi, apalagi mikir pelajaran di sekolah cuma gara-gara pake narkoba?
Pasti ngga donk…!

Makanya jangan pernah deh punya pikiran untuk nyobain ngelem, ngerokok, nyabu, nyimeng ganja, nyipet, minum alkohol apalagi pakaw sampe jadi sakaw trus OD dan akhirnya kita mati dengan sia-sia.
Dude, mari kita dukung pemerintah supaya bisa nemuin pengganti bahan dasar pembuatan produk-produk inhalan agar ngga ada lagi tuh yang namanya Inhalant abuse dan temen-temen kita ga ada lagi yang suka ngelem.

Ajak juga temen-temen kita yang lain untuk ga ngelakuin drug abuse. Masih banyak ko yang bisa kita lakuin untuk bersenang-senang selain pake narkoba. Sepakat ?!
Mau tau ngga? Hasil survey di Amrik nunjukin kalo penyalahgunaan inhalan ini paling banyak dilakuin sama temen-temen kita murid SMP kelas 8 dan murid SMU kelas 10 dan 12, boleh jadi temen-temen kita di Indonesia kalo di survey ternyata banyak juga yang pake inhalan atau narkoba lainnya.

Tunggu dulu, kita berhak berhak berteriak keras. Enak aja, kita buktiin bahwa ada segelintir anak-anak muda yang sama sekali ga tertarik buat ngelakuin penyalahgunaan narkoba apalagi sampe buang-buang duit buat beli shabu atawa putaw.

Bahwa ada hal-hal yang jauh lebih besar dari pada Drug abuse yang bisa memenuhi otak kita.
Bahwa kita adalah anak muda yang kreatif, sportif, yang jago matematika, fisika kimia dan yang pasti kita adalah anak-anak rohis yang punya otak cemerlang.

Dan kita adalah remaja-remaja yang berkomitmen penuh buat jadi remaja yang nggak cemen dan bias bertindak dan mengatakan dengan tegas : SAY NO TO DRUG ABUSE EVER AND AFTER !